Senin, 07 Juni 2010

Microsoft Anggap China Pasar Penting Bagi Bing

(Foto: Ist)

SHANGHAI - China merupakan pasar yang sangat vital bagi bisnis mesin pencarian Microsoft, Bing. Merupakan satu tantangan besar bagi Microsoft agar bisa menyejajarkan Bing dengan Baidu dan Google di pangsa pasar mesin pencarian terbesar di China dan di dunia.

Sejak meluncurkan Bing versi bahasa Inggris di bulan Juni silam, Microsoft berada di posisi yang cukup stabil. Berdasarkan survei comScore, pada November Bing mendapat perolehan sebesar 10,3 persen di pangsa pasar mesin pencarian di AS. Para seniornya, Yahoo menempati persentase sebesar 17,5 persen dan Google tetap mendominasi dengan perolehan sebesar 65,6 persen.

Microsoft berharap, Bing versi China yang sekarang masih dalam versi beta juga bisa dengan cepat menetrasi pangsa pasar mesin pencarian di China.

"Microsoft sangat berkomitmen dalam melirik pasar China dan pangsa pasar mesin pencarian di China merupakan strategi yang paling penting bagi kami," demikian keterangan yang diberikan juru bicara Microsoft seperti dikutip dari Reuters, Rabu (30/12/2009).

"Kami secara khusus merancang pusat teknologi pencarian di China guna mendapatkan pemahaman mendalam mengenai apa yang dibutuhkan para pengguna internet di China. Hal itu akan membantu kami menghadirkan produk terbaik bagi mereka," tambahnya.

Pangsa pasar internet di China ibarat 'hot spot' bagi para pemilik mesin pencarian global dalam berekspansi. Pasalnya, China adalah rumah bagi pasar internet terbesar di dunia dengan jumlah pengakses internet lebih dari 350 juta orang.

Saat ini, pasar mesin pencarian China masih didominasi oleh Baidu dan Google. Pada kuartal ketiga, pangsa pasar pencarian di negeri ginseng ini mencatat angka 2 miliar yuan. Baidu yang menjadi mesin pencarian lokal memimpin dengan perolehan 63,9 persen diikuti dengan Google di posisi kedua sebesar 31,3 persen.


sumber : www.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar