Selasa, 08 Juni 2010

Hadirkan Produk Baru, Apple Pinjam Nama


FaceTime di iPhone 4 (apple)

Pada saat mengumumkan produk ponsel pertamanya, Apple dikenai tuntutan hukum oleh Cisco Systems. Gara-garanya, merek dagang iPhone telah dimiliki oleh Cisco Systems untuk perangkat telepon berbasis Internet Protocol-nya.

Dalam Worlwide Developers Conference (WWDC) 2010 di San Francisco, Apple kembali meminjam nama dari Cisco. Kali ini, sistem operasi yang tadinya bernama iPhone OS diganti menjadi iOS.

Nama itu sama dengan sistem operasi perangkat jaringan milik Cisco, IOS alias Internet Operating System. Apakah Apple bakal dituntut lagi?

Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (8/6/2010), ternyata Apple tak akan dapat masalah dari Cisco. Ini karena sang raksasa dari Cupertino itu telah membayar lisensi penggunaan nama IOS dari Cisco.

"Cisco telah sepakat melisensikan merek dagang iOS untuk Apple sebagai nama sistem operasi untuk iPhone, iPod Touch dan iPad. Lisensi itu hanya untuk penggunaan merek dagang, bukan teknologi," ujar juru bicara Cisco, Kristin Carvell.

Selain iOS, ada satu produk baru Apple yang juga meminjam nama. Ini adalah fitur chat video di iPhone 4 yang bernama FaceTime. Aplikasi ini meminjam nama dari sebuah perusahaan keamanan jejaring sosial bernama FaceTime.

Bukan sekadar lisensi, Apple konon membeli sepenuhnya nama FaceTime dari perusahaan tersebut. Akibatnya, dalam beberapa bulan ke depan, perusahaan keamanan itu akan bergantinama sepenuhnya.



sumber : www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar